Kuliah Kerja Nyata (Part 1)

Udah lama pengen posting ini, tapi ngumpulin moodnya susyeeh. Emang harus dipaksain sih kayanya, apalagi gue yang mageran ini. Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat KKN adalah sebuah program yang sudah dijalankan oleh sebagian Universitas di Indonesia saat ini. KKN bertujuan untuk menerjunkan mahasiswanya ke dunia/permasalahan nyata yang ngga didapat di dalam kelas. Di Universitas gue sendiri program KKN ini merupakan program baru. Angkatan gue jadi angkatan pertama yang diwajibkan untuk ikut KKN ini. Sepertinya karena baru, jadi Universitas pun baru mengirimkan mahasiswanya ke kota-kota yang ngga terlalu jauh, seperti Banten, Subang, Bogor, bahkan Bekasi.
     
Gue ikut KKN di putaran kedua. Gue sih gatau sistem KKN di kampus kita gimana, kalau di kampus gue sih kita nyerahin berkas, dan nanti kita tinggal tunggu nama kita ada di kelompok apa dan bakal KKN dimana, kalo lagi beruntung sih bisa dapet temen yang satu jurusan atau bahkan satu kelas, lumayan lah jadi ada temen barengan. Nah lucunya, nama gue sebetulnya ngga ada di KKN putaran kedua, tapi karena banyak mahasiswa yang ngundurin diri karena suatu hal, akhirnya gue pun menggantikan mereka. Info bahwa nama gue masuk ke KKN putaran ini jujur aja bikin gue panik saat itu, karena awalnya gue udah yakin nama gue ngga ada. Dan lebih panik lagi ketika gue liat nama temen sekelompok gue karena ternyata.....
     
Gue sekelompok sama mantan gue

     
Engga deng bercanda. Haha. Duh ga lucu ya? Yaudahsih maap, namanya juga usaha. Ehm, oke gue panik karena nama kelompoknya ngga ada yang gue kenal satupun karena mereka semua berasal dari Fakultas Ekonomi. Iya, 9 dari 10 anggota kelompok gue berasal dari FE. Satu lagi? ya gue. Gue anak FIP yang nyempil diantara anak FE. Tapi ya sutralah, toh temen kita dulu juga awalnya orang asing. Kelompok gue mendapat tempat KKN di daerah Banten. Yap, kita akan hidup bersama selam sebulan di Banten, tepatnya di sebuah desa bernama Pasauran.
     
Semua kebutuhan KKN pun kita persiapkan, mulai dari kebutuhan individu sampai kebutuhan kelompok. Untuk menambah info tentang KKN gue pun bertanya sama temen satu kampus yang udah ikut KKN di putaran pertama. Kalo dari cerita dia sih ada enak dan ngga enak. Enaknya karena gabut, jalan-jalan mulu dan dikasih uang. Ngga enaknya adalah ada yang kelompoknya kemalingan, kesurupan, sampe yang sekelompok sama orang yang nyebelin banget. Duh.
     
But show must go on. Hari keberangkatan pun tiba. Kampus udah rame dengan berbagai merk koper, tiker, kompor, dan sebagainya. Waktu yang dibutuhkan dari Jakarta ke desa Pasauran kurang lebih 3 jam. Sebelum ke desa tujuan, kita terlebih dahulu mampir ke kantor camat untuk minta izin sekaligus menyerahkan beberapa berkas dan tidak lupa juga kami berfoto. Hehe.

Kelompok KKN akoh. Harusnya 10, 6 cewe, 4 cowo. Tapi 1 lagi jadi kang foto

Setelah segala urusan di kantor Camat selesai, perjalanan pun dilanjutkan ke desa Pasauran. Di Pasauran kami tinggal di salah satu rumah warga yang kebetulan orangnya lagi keluar kota. Oh iya, yang dapet di Pasauran ada 3 kelompok, dan kelompok gue adalah satu-satunya kelompok yang dapet rumah kosong, 2 kelompok lain tinggal sama warga. Ada enak ngga enaknya sih dapet rumah kosong. Enaknya kita bisa sedikit bebas, maksud bebas disini adalah ngga takut mengganggu orang rumah ketika melakukan kegiatan. Nah ngga enaknya karena rumah yang bakal kelompok gue tempatin untuk satu bulan ini udah lama ngga ditempatin, jadi pertama dateng yang kita lakukan adalah membereskan rumah. Nyapu, ngepel, beresin tempat tidur, dapur, dan kamar mandi yang kolamnya udah ngga keruan bentuknya. Kurang tau sih itu rumah udah ngga ditempatin berapa lama, tapi begitu kita nguras kolam dan buka penyumbatnya itu di dasar kolam isinya tanah dan bahkan ada cacingnya. Oh my....

0 komentar:

Posting Komentar