Privilege

Ketika gue SMP, gue pernah terlambat masuk sekolah, terlambatnya ngga lama, ketika bel bunyi, gue udah dikit lagi sampe gerbang. Di depan gue ada temen sekelas, perempuan 2 orang, sama-sama terlambat, jarak kita ngga beda jauh kok, sama-sama belum sampai gerbang ketika bel berbunyi. Bedanya, mereka dibolehin masuk sama satpam sekolah, gue ngga, padahal gue udah protes "kenapa mereka boleh masuk, sedangkan saya ngga? kan sama-sama terlambat." jawaban si satpam "pokoknya ga boleh"

Ketika gue SMA, musim hujan itu musim yang paling ngeselin, jalanan jadi licin, buat daerah sekolah gue yang langganan dilalui truk-truk besar, jalanan licin itu ngeri banget, kepeleset dikit bisa masuk kolong truk, belum lagi harus pake jas ujan, jas ujan juga kadang masih suka ngerembes, pokoknya kudu persiapan lebih lama kalo mau naik motor disaat ujan. 

Sebelum naik motor ke sekolah, gue ke sekolah naik angkutan umum. Musim ujan angkutan umum biasanya becek, suka ada atap yang bocor, ada bangku kosong, tapi ngga ditempatin karena diatasnya bocor, turun angkot jalanan becek, gue pernah mau jalan ke sekolah setelah turun dari angkot pas lagi ujan, genangan air dimana-mana sampai nutup jalan, kakak kelas yang jalan di depan gue tiba-tiba nyusruk, dia nginjek sekolan ternyata, ngga parah sih jatohnya, tapi tetep rok dia basah dan malu tentunya. 

Sementara itu bagi beberapa teman SMA gue, musim hujan ngga ngefek apa-apa, bahkan mungkin bisa jadi ajang pamer karena mereka bisa bawa mobil ke sekolah. It's really happening though, ketika gue khawatir sama temen gue karena musim hujan karena takut dia kuyup keujanan dijalan, tapi ternyata dia bawa mobil, pantesan ini bocah kaga ada lepek-lepek air ujannya.

Yang satu karena cantik, yang satu lagi karena punya uang, dua hal yang dapat memudahkan hidup dan sayangnya gue gapunya.

Orang-orang nyebutnya privilege. Cantik dari lahir, dilahirkan di keluarga kaya, ya betul juga sih kalo disebutnya privilege, hak istimewa, istimewa karena ngga semua orang bisa dapetin itu, dan didapatnya pun otomatis, ngga harus bersusah payah berjuang dari nol.

Ah, tentang privilege ini, banyak sebenernya cerita gue, dan karena gue bukan dari kalangan yang dapet privilege itu jadi cerita gue kebanyakan yang pait-pait, dan kurang nyaman diceritain.

So....
See you next time, stay alive!

0 komentar:

Posting Komentar