Inikah Rasanya Berada di Quarter Life Crisis?

Quarter itu seperempat, quarter life (dari beberapa sumber yang gue baca) yaitu umur-umur 20an awal, tengah, dan akhir. Quarter life crisis, menurut idntimes  adalah masa di mana seseorang yang berusia 25 tahunan mempertanyakan hidupnya. Di masa yang merupakan puncak kedewasaan seseorang ini, orang mulai meninjau kembali masa lalunya, apa yang telah ia lakukan, apa yang ia dapatkan, dan bagaimana kehidupannya di masa datang.(https://www.idntimes.com/life/inspiration/vita/9-tanda-quarter-life-crisis/full)

Tahun 2020 ini umur gue 25, masuk ke quarter life, so how it feels like to be 25?

Bingung, umur 25 tuh buat gue banyak ngebingunginnya. Bingung hidup ini mau dibawa kemana, bingung apa sih arti hidup itu, bingung nentuin pilihan karena banyaknya masukan yang kita dapet, sering juga bingung sama diri sendiri, mau dengerin kata sendiri atau mau nurutin kata orang lain?

Dikala umur gue belom 20, saat awal awal kuliah, gue pernah bilang ke temen gue kalo gue bakal nikah di umur 23, respon mereka "waw, apa ngga kecepetan, kayanya gue paling cepet 25, mungkin malah 27".

And now i'm 25, and look what happen,gue belom nikah (calon belum ada, mental pun belum siap), sementara temen gue yang bilang paling cepet nikah umur 25 malah nikah di umur 24, yang dibilang bakal nikah duluan jadi belakangan, yang dibilang belakangan jadi duluan.

Di umur 25 gue menyadari kalau hidup itu penuh ketidakpastian, dan ke iri an akan hidup teman disekitarmu. Wkwk.

Iya, jadinya serba ngebingungin, lu tau nih kalo beberapa rencana yang lu buat ngga terwujud, hal ini ngebuat lu jadi kecewa tentunya, tapi dari situ lu juga belajar kalau thats life, emang ngga semua hal dalam hidup akan sesuai dengan apa yang kita mau, kita udah belajar ikhlas, to life a little, tapi kemudian lu buka sosial media, instagram, facebook, twitter, bahkan whatsapp yang dulu fungsinya cuma untuk chat sekarang ada fitur update status. Ketika lu buka sosial media ternyata temen-temen lu menunjukkan pencapaian mereka, hal yang jadi rencana lu beberapa tahun kebelakang, bikin lu insecure "mereka bisa, kok gue ngga". 

Tentang menikah apalagi, pernah ada yang ngomong "nunggu apa lagi sih? pekerjaan udah mapan, umur udah mateng"

Jawaban gue pada saat dibilang begitu cuma "hehe, doain aja bu", padahal dalam hati "waduh, nunggu mental saya siap bu"

Marriage is a hardwork, pekerjaan berat, makanya harus dijalani dengan partner yang tepat, nyari yang tepatnya gimana? Karena hidup penuh ketidakpastian jadi ya cari partner yang tepat pun tidak ada rumusnya. Manusia itu makhluk paling rumit, kalau hanya menilai seseorang dari beberapa indikator ya gabisa lah.

Mau keras ke diri sendiri kok kasian, hidup udah keras, keras pula ke diri sendiri, tapi ngga dikerasin nanti jadi manja, ngga maju-maju. Mau santai nikmatin hidup apa mau jadi orang ambisius?

Temen gue barusan heran ketika gue bilang lagi bingung, tapi gatau bingungin apa. Ya abis, emang kenyataannya begitu kok


0 komentar:

Posting Komentar