Naek gunung lagi breee

Umur 15 tahun, gunung gede.


Itu hal yang pertama kali terlitas di pikiran gue ketika ada yang nanya “kapan pertama kali naek gunung?”


Kalau cerita panjangnya, pertama kali gue naek gunung itu waktu umur 15 tahun, kelas 1 SMA. Hampir 8 tahun yang lalu. Berangkat jumat malem, start naek gunung sabtu paginya, turun gunung besoknya, minggu, dan harus berangkat sekolah besok seninnya walaupun kaki masih ngilu-ngilunya kalo digerakin, tapi kalo gue ngga masuk sekolah dengan alasan sakit, nyokap bisa ngga ngebolehin gue ikut ekskul ini lagi.


Dan ada lagi nih yang gue inget tentang pendakian pertama gue. Gue inget waktu itu ditengah perjalanan mendaki gunung gede, gue mikir “duh, mending gue ngerjain soal akuntansi berlembar-lembar daripada naek gunung” 


Padahal waktu SMA gue benci sama pelajaran akuntansi.


Tapi gue sampe kepikiran kaya gitu pas naek gunung. Artinya, sebenci-bencinya gue sama akuntansi, gue lebih gasuka lagi sama naek gunung. Hahaha.


Lalu kenapa bisa naek gunung? Kenapa tetep bertahan di ekskul pecinta alam?


Gue penasaran. Ya, lu tau ga sih film 5cm? Jauh sebelum filmnya booming, novelnya booming duluan. Nah, gue penasaran sama naek gunung karena novel itu. Dan gue bertahan di ekskul ini karena udah betah sama temen-temen di ekskul ini. FYI, selama SMP sampe SMA, gue udah nyoba lumayan banyak ekskul, ada pramuka, paskib, paduan suara, bulu tangkis, basket, KIR, ekskul masak, banyak dah pokoknya. Tapi cuma di ekskul pecinta alam ini yang gue klik banget. Jadi yaaaa, gue bertahan.


Time flies, dari SMA kelas 1 sampe gue lulus kuliah dan kemudian kerja. Tapi jumlah gunung yang gue daki selama masa itu ngga berubah, cuma 1, gunung gede. Kalau cuma sekedar keluar masuk hutan, naek turun bukit sih sering, tapi karena bukan gunung,  jadi ya tetep ngga diitung. Tapi selama rentang waktu itu, gue selalu berkeyakinan kalau suatu hari nanti, gue bakal naek gunung beneran lagi. 


Dan betul ternyata, gue naek gunung lagi di 2017, gunung yang dari dulu gue penasaran banget, yang jadi alasan gue masuk ekskul pecinta alam. Gunung semeru.


Takut sih sebetulnya, well, takut dan males tepatnya. Rasanya walaupun sudah lama ngga naek, tapi perasaan “mending gue ngerjain akuntansi berlembar-lembar” masih ngga ilang juga. Lalu males, karena naek gunung itu butuh persiapan fisik, juga persiapan alat yang kalo dibeli mahal dan kepakenya jarang, tapi kalo minjem takut rusak punya orang. Tapi dalam batin gue emang gue harus naek gunung ini, biar rasa penasaran gue terjawab. Harus!

Ngantuk euy, bersambung dulu yes....

0 komentar:

Posting Komentar