Naek gunung lagi breee (part 2)



Time has come. Perjalanan Jakarta-Malang via kereta matarmaja memakan waktu 16-18 jam. Jauh sekali perbedaannya dibanding ke gunung gede dulu yang cuma naek bis, 2 jam udah sampe. Kalo pas ke gede baru tidur sebentar di bis, eh tau-tau dibangunin karena udah sampe. Kalo ke semeru sekarang ini rasanya kok udah tidur, bangun lagi, tidur lagi, bangun lagi, masih belom nyampe juga. Hhhh. Masalahnya, gue dan rombongan temen gue duduknya misah, jadi gue harus duduk hadap-hadapan sama orang yang ngga gue kenal, jadi makin berasa lama dah tuh perjalanan.

Singkat cerita, kita sampe di malang, naek jeep menuju ranupani untuk daftar ulang dan sebagainya. Nah, start pendakian itu dari ranupani ini.

As you know, Desember kemarin kan emang lagi musim hujan ya,  tapi pas kita sampe ranupani cuaca cerah dan nanya ke orang sekitar pun katanya emang udah 3 hari ngga turun hujan. Waw senang dong kita.

Tapi eh pas kita baru banget mau mulai pendakian, hujan turun. Nunggu hujan reda? Tentu tidak. Lanjut terus, pake jas ujan yang warnanya cerah sekali, gatau deh itu abang-abang kok jualan jas ujan sekali pake warnanya pada cerah cerah norak gitu dah.

Kesalahan gue dalam mendaki semeru ini adalah terlalu meremehkan latihan. Gue pikir, karena udah banyak banget orang kesini, jadi ya kesini udah kaya wisata biasa aja, toh banyak yang bisa. Ditambah lagi waktu gue nanya ke temen tentang semeru, dia bilang ke semeru mah gampang kok track nya. Yauda deh gue males-malesan latihannya. Ternyata.....

Capek ugha my friend, jadi baru awal start pendakian aja tuh udah ada tanjakan curam yang ya Allah napas gue serasa abis. Serius dah baru di awal, baru 10 menitan kita jalan kali. Gue aja sampe mikir “duh, kuat ngga ya, baru awal aja udah begini”. 

Tanjakan demi tanjakan, pos demi pos terlewati dengan tidak terasa. Ngga deng boong, berasa banget ajegile. Satu pertanyaan yang sering keluar dari mulut gue....

“Kapan sampenya sih?” yang akan dijawab oleh temen gue

“bentar lagi itu didepan abis belokan juga udah sampe”

Dusta. Jawaban dusta yang selalu mereka lontarkan tiap gue nanya pertanyaan tadi dan guenya juga ngga kapok kapok nanya walaupun tau bakal diboongin.

Setelah hujan, reda, hujan lagi, reda, ujannya awet, sedih akutu, kita akhirnya sampai di tempat camping. Cuacanya ngga sedingin yang gue inget pas naek ke gede, tapi katanya sih emang kalo lagi musim ujan, di gunung justru hawanya lembab dan ngga terlalu dingin. Syalan, tau gitu gue bawa hp yg biasa gue pake, ngapain pake ganti hp takut hp rusak karena hawa dingin.

Lalu, bintangnya sedikit, aku kecewa. Waktu di gede, kalo malem kita liat ke atas, itu bintang banyak sekali, indah banget sumpah, baru di gede aja gue liat bintang di langit sebanyak itu. Disini bintang kaya di Jakarta aja, dikit. Faktor cuaca juga kayanya, mungkin mendung, bintangnya ketutupan awan.

Ngga cuma itu kekecewaan gue, sumber aer yang sedikit juga bikin gue kecewa. Dan sedikitnya itu bukan karena emang dari awal sedikit, tapi karena ada sumber air yang gabisa lagi dipake buat minum karena airnya udah tercemar. Dan....

Bau sampah. Serius, begitu buka tenda kecium bau sampah, ngga parah sih, ngga sering juga keciumnya. Tapi ya tetep aja sangat disayangkan, apa mereka yang buang sampah ngga denger imbauan “jangan tinggalkan apapun selain jejak?”

Senangnya adalah disana ternyata sudah disediakan toilet gitu, toiletnya berupa sekat berpintu dan ada lobang buat pup, ambil aernya tetep ambil aer sendiri. Ada 3 toilet yang gue liat, 2 di ranu kumbolo, 1 di kalimati. Dari ke 3 toilet itu, 2 toilet gue datangi, yang pertama di ranu kumbolo, ada pintu, tapi beberapa meter dari toilet udah kecium bau ngga sedap, pas liat ke dalem. Beeeh, berceceran breeee, lebih parah daripada toilet kereta.

Toilet di kalimati lebih parah lagi, dari 4 pintu, cuma 1 yang masih utuh, tapi itu juga pas liat ke dalam toilet kondisinya sama kaya toilet di ranu kumbolo. Hadeeeeh, ya semak-semak lagi deh pilihannya.

Daaaan, kalo kalian orangnya gampang mules, naek gunung kayanya bukan liburan yang pas deh, kecuali kalian mau gali-gali lobang buat bab, lalu kubur lagi, kaya kucing. Kalo gue? Dulu pas naek gede, gue ngga mulesan, ngga ada hasrat-hasrat pengen bab walau sedikit. Beda cerita kalo sekarang, kebiasaan tiap pagi harus bab, kebawa ke gunung, malah dari malemnya, perut mules ngga karuan, angin di hutan aja suaranya udah bikin parno, ini ditambah angin di perut yang kayanya muter-muter, duh.

That’s it sih, kalo gue, rasanya udah cukup naek gunungnya, banyak faktor yang bikin gue mikir “udahlah, segini aja, gamau naek lagi”. Contohnya yang udah gue bahas di atas, gue mulesan, lalu juga malas latihan, modal yang cukup banyak buat naek gunung, dan naek gunng tydac bagus untuk muka, pulang-pulang, muka akan menghitam, terbakar matahari, dan buat yang mukanya gampang jerawatan kaya gue, tentunya, bakal jerawatan. Mana susah ilangnya, naek gunung 3 hari, jerawatannya sebulan. Hadeeeeee, kapok bosque.

0 komentar:

Posting Komentar