Takes you nowhere

Gue ngga suka nonton film yang punya banyak episode, karena kok makin banyak episode makin ngawur ceritanya, dan emang males aja sih ngikutinnya. Tapi gue pernah ngikutin satu serial, judulnya “Heroes”. Itupun gue gatau deh endingnya gimana, terakhir nonton endingnya masih gantung juga padahal udah ber season-season.

Ceritanya Heroes itu tentang orang-orang yang punya kekuatan super, ya you know lah, menghilang, baca pikiran orang, terbang, dan sebagainya. Dan lu pernah deh pasti, abis nonton film lalu berandai andai jadi salah satu tokoh di film tersebut. Nah, di film Heroes ini, banyak tokoh dengan kekuatan berbeda-beda, tapi ada satu tokoh yang bikin gue berandai-andai “wah, enak nih kalo punya kekuatan kaya dia”. 

I want to be a time traveler.

Lalu gue bakal balik ke zaman SMA. Seindah itukah masa SMA gue sampe gue mau kesana? Nooooo, justru sebaliknya, that is the worst time in my life. Gue rasanya rela menukar apa aja, asal bisa kesana. Fixed things, karena banyak banget kesempatan-kesempatan yang gue lewatkan ketika gue SMA, dan ternyata, setelah gue telusuri, ternyata sebagian besar kesalahan gue berasal dari kekhawatiran berlebih. 

Yes, I am worrying too much. Gue takut untuk presentasi di depan kelas karena gue khawatir materi gue ngga menarik atau temen gue ngga ada yang dengerin, gue gamau temenan sama yang menurut banyak orang “weirdo” karena gue khawatir dicap “weirdo” juga, gue mau nimbrung obrolan temen tapi khawatir mereka ngga nerima gue,  gue mau nyoba ambil jurusan kuliah yang gue minati tapi khawatir ngga diterima. Banyak lah ke khawatiran gue.

Padahal rasa khawatir berlebihan ini buruk sekali, karena ngga bakal bawa lu kemana-mana. It takes you nowhere. Lalu ketika sadar, ternyata udah banyak banget momen yang ngga dinikmatin karena terlalu khawatir. Yang harusnya gue bisa ini itu, nyoba ini nyoba itu, jadi gabisa karena dibayang-bayangi kekhawatiran. Dari kekhawatiran juga, gue suka menciptakan skenario-skenario yang akhirnya cuma terjadi di kepala gue. “duh, kalo gagal mereka bakal ngejauhin gue deh pasti. Duh, bakal malu banget nih pasti kalo salah”. Then, how can I enjoy things if i worried a lot?

Itulah, kenapa gue mau banget balik ke zaman gue SMA. Rasanya pengen banget balik, lalu bilang ke diri gue “yaudahlah, lakuin aja dulu, gausah terlalu dikhawatirkan ntar bakal gimana”. Karena toh apa yang gue khawatirkan, skenario-skenario yang gue ciptakan di kepala gue, pada akhirnya cuma tetep jadi skenario, dan seandainya skenario buruk kejadian pun harusnya gue ngga terlalu musingin kan? Like, please, ada kok yang lebih buruk dari ini, santai ajalah, peduli amat kata orang.

Tapi emang gaada yang bisa dilakuin buat yang udah lewat kan? Berandai-andai dengan konteks “what if” cuma bikin stres. Yang mau dan bisa gue lakukan sekarang ya belajar untuk jangan terlalu khawatir. Sulit? Banget. Buat gue sulit banget. Karena ternyata hal ini, untuk khawatir berlebihan pada segala sesuatu ini, udah jadi kebiasaan.

0 komentar:

Posting Komentar