Hari Buku Nasional

Selamat hari buku nasional bagi warga negara Indonesia!!!!

Buat yang belom tau, hari ini tepatnya 17 Mei kita merayakan hari buku nasional. FYI, hari buku sedunia sama hari buku nasional ini agak deketan sih ya tanggalnya, ngga ada beda sebulan, ada yang tau tanggal berapa kita merayakan hari buku sedunia? Yap, tanggal 23 April, kenapa gue inget? karena itu tanggal ulangtahun gue (hehe)
Hari buku nasional ngga kalah heboh dan meriah dibanding hari buku sedunia, karena hari buku nasional sempat menjadi trending topik di twitter hari ini bersamaan dengan hashtag baca buku 15 menit (#bacabuku15menit). Hmm, sepele sih ya cuma 15 menit dalam sehari, tapi masih aja suka ngga sempet, padahal manfaat dari baca buku itu banyak sekali loh. Bagi orang yang suka baca buku, hari ini pasti akan menjadi hari yang menyenangkan karena beberapa toko buku memberikan diskon untuk memperingati hari buku ini, termasuk gue. 

Sedikit cerita tentang gue dan buku. Sejak kecil buat gue toko buku selalu menjadi tempat yang menyenangkan, bahkan kalau misalnya ditanya lebih pilih ke toko pakaian atau ke toko buku gue tanpa ragu pasti akan langsung memilih toko buku. Gue inget waktu gue kecil buku yang pertama gue beli adalah novel Lupus nya Hilman Hariwijaya, beli satu dan rasanya pengen beli semua serinya waktu itu. Masalahnya adalah keadaan ekonomi keluarga gue waktu gue kecil ngga memungkinkan buat beli sesuatu yang sifatnya ngga wajib, pokoknya kalo gue ke toko buku ya belinya harus ada sangkut pautnya sama sekolah, paling cuma beli buku pelajaran sama alat tulis, itu beli Lupus satu juga karena gue nangis di toko buku paling. Hahaha.

Seiring berjalannya waktu, gue pun akhirnya bisa mengumpulkan uang dari menyisihkan uang jajan. Buku pertama yang gue beli dari tabungan gue sendiri adalah buku Laskar Pelangi nya Andrea Hirata dengan sampul hardcover, lumayan mahal untuk ukuran anak SMP, bahkan temen gue aja sampe bilang "ih kalo gue sih mending buat yang lain deh duit segitu, daripada beli buku".

Lewat Laskar Pelangi, Andrea Hirata sukses menjadi penulis favorit gue yang pertama, buku-buku Andrea Hirata yang lain selalu gue nantikan tanggal terbitnya. Makin lama makin banyak uang yang ada di tabungan, gue pun membeli buku-buku lain, nama-nama penulis favorit gue pun bertambah, sekarang ada juga Raditya Dika, Trinity Traveler, Dee Lestari, Mitch Albom. Di saat sebagian besar teman-teman gue sibuk dengan artis-artis favoritnya, menabung untuk menonton konser mereka, gue sibuk dengan tanggal terbit buku yang gue tunggu-tunggu, menabung untuk beli pre order supaya di bukunya ada ttd penulis, yaa, seneng aja. Selain buku-buku dari penulis yang gue sebutkan di atas, gue juga banyak baca buku lain kok, karena gue percaya Nullust Est Liber Tammalus Ut Non Aliqua Parte Prosit (ngga ada buku yang begitu jelek yang sedikitpun ngga bisa diambil pelajarannya).

0 komentar:

Posting Komentar