Motto Hidup

Kali ini gue akan membahas mengenai motto hidup, tapi sebelumnya gue akan menjelaskan pengertian dari motto hidup, ya siapa tau kan ada yang gatau dan ngira motto itu salah satu produk pewangi pakaian (ehm). Jadi, menurut salah satu artikel di http://www.katakatamutiara.web.id/2015/12/kumpulan-contoh-motto-hidup-terbaik.html
Motto hidup adalah suatu ungkapan atau pernyataan yang bersifat positif dan mampu membangun semangat dan biasanya juga dijadikan prinsip atau pegangan hidup bagi individu. Motto hidup dapat mendorong kita untuk berbuat seperti kata-kata positif yang terdapat dalam motto tersebut. Biasanya, kita dapat menemukan motto hidup dalam buku-buku biografi, tesis, koran, maupun media lainnya yang memungkinkan termuatnya suatu motto.
Tapi jujur gue masih bingung kalau misalnya ada yang nanya motto hidup gue apa. Karena menurut gue sih motto hidup itu beda-beda tergantung sikon yang sedang kita hadapi, misalnya salah satu motto hidup yang juga gue ambil dari website sebelumnya, disitu ada motto "jadilah diri sendiri dan jangan menjadi orang lain, walaupun dia terlihat lebih baik dari kita". Ya iyasih emang motto ini mengajarkan kita untuk be yourself atau proud to be yourself, tapi kalo misalnya diri kita sekarang banyak kurangnya atau ada sesuatu yang buruk yang ingin kita ubah dari diri kita, apa salahnya sih melihat orang lain yang lebih baik dari kita untuk kita jadikan role model supaya kita bisa lebih baik?

Another story, waktu gue SMP, gue punya temen yang pinter, nilai UN nya aja yang paling tinggi di sekolah, pokoknya ditangan dia udah ada tiket untuk masuk ke SMA manapun yang patokan masuknya cuma nilai UN. Dengan tiket seperti itu gue kaget ketika gue tanya dia akan masuk ke SMA mana, karena pilihan dia adalah SMA yang deket dari SMP gue, SMA yang bukan termasuk dalam kategori favorit. Gila, gue aja yang nilai UN nya dibawah dia milihnya SMA favorit (modal nekat juga sih), tapi dia malah milih SMA yang biasa-biasa aja, dengan kemampuan dia yang diatas biasa aja. Gue pun mencoba untuk menghasut dia supaya memilih SMA yang lebih baik, dan jawaban di di saat itu "yah Han, yang namanya berlian mau ditaro di kubangan lumpur akan tetep jadi berlian kan". Iya, maksudnya dia walaupun dia berada di tempat yang biasa aja, dia akan tetap bersinar, seperti berlian. Dijawab kaya gitu gue diem sambil mikir dalam hati (bener juga ya).

Time flies, 3 tahun kemudian, kita kembali dipertemuka lewat sosial media, waktu itu gue lagi sibuk nyiapin segala hal untuk kuliah, gue pun nanya dia masuk universitas mana, dan jawabannya saat itu adalah "gue ngga keterima di univ yang gue mau Han, mungkin mau nyoba lagi tahun depan". Gue kaget, asli, gue pun nanya lagi kenapa dia ngga diterima padahal yang gue tau di SMP dulu dia orang yang pintar. Jawabannya yang dia lontarkan lebih mengagetkan lagi, dia bilang "Gue terpengaruh sama temen-temen gue, temen-temen gue pada suka maen di warnet, gue pun jadi ikutan suka maen di warnet".

Gue kembali teringat akan omongan dia tentang berlian, ya mungkin ada benarnya, masalahnya mungkin di saat itu dia belum se bersinar berlian, atau kubangan lumpur tempat berlian itu berada mungkin terlalu dalam sehingga si berlian yang bersinar ini tidak lagi terlihat sinarnya karena tertutup lumpur. Mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar