Jangan Pelit

Beberapa hari yang lalu gue ngetwit tentang ada temen gue yang ngga deket-deket amat, tapi ketika gue minta tolong, yaampun baek bener, gue minta tolong a, dia kasihnya a,b,c,d, tapi sebaliknya, ada temen deket, tapi ketika dipintain tolong, pelitnya yaampun.

Ngomongin orang pelit, kaya udah paling bener aja lu Han.

Hmmm... Kalo ngomongin masalah pelit-pelitan gini gue jadi inget zaman gue SD-SMP deh. Kenapa? Karena masa itu adalah masa dimana gue lagi pelitnya nauzubilah. Waktu SD gue termasuk anak yang pintar, tetapi jeleknya gue adalah gue gamau berbagi ilmu sama temen-temen yang lain, karena pada saat itu yang tertanam di otak gue anak pintar adalah segalanya, biarin aja gapunya temen, yang penting nilainya bagus. Ga pernah ada yang ngasih tau gue kalo bersosialisasi itu penting, yang gue tau saat itu cuma gue akan dihukum ketika nilai gue jelek. Jadilah gue anak yang pelit karena pikiran gue saat itu kalau gue ngasih tau atau ngajarin temen gue sesuatu, temen gue bisa lebih pintar daripada gue, dan gue ngga lagi jadi yang paling hebat.

Sifat pelit gue kebawa sampe masuk SMP, gue inget banget tuh waktu SMP ada momen ketika temen sebangku gue lupa bawa buku paket salah satu mata pelajaran, otomatis dia bilang dong ke orang yang paling deket yaitu gue sebagai teman sebangkunya, gue sebagai temen sebangku (yang kurang baik pada masa itu) pun meminjamkan, tapi sebelumnya gue marahin dulu (yaampun jahat). Seinget gue selanjutnya ketika temen gue itu gabawa buku, dia diem diem aja, ga berani bilang gue lagi. Sumpah, malu abis kalo inget ini, pengen banget ketemu orangnya dan minta maaf, tapi gatau orangnya dimana, plis kalo lu baca, maafin gue plis, plis, plis. Tapi kalo lu udah lupa, ya alhamdulillah, udah lupain aja ya.

Untungnya semakin bertambah umur, sifat pelit gue yang teramat sangat itu bisa berkurang. Gue merasakan kalau dipelitin itu ga enak loh, asli. Berasa bangetnya pas ngerjain skripsi kemaren sih, gue gatau apakah skripsi itu bisa menunjukkan sifat asli seseorang, tapi ada loh temen gue yang di kelas image nya itu kalem, baik, rajin menabung dan tidak sombong, eh pas kemaren dimintain info (dan infonya ngga ngerugiin dia juga) pelitnya yaampuuun. Ada juga yang dikelas terkenal nyinyir, galak, suka gigit orang, eh pas dipintain tolong baiiiiiik banget. Itu tuh ya, kalo ketemu orang yang baik kaya gitu suka keceplosan aja gitu mulut, keceplosan doa biar urusan orang yang udah baik sama gue ini dipermudah.

Lagian gausahlah pelit-pelit gitu, boleh sih pelit tapi liat sikon dulu. Gue sendiri juga masih suka muncul sifat pelit gajelasnya, tapi ada satu kalimat yang diucapkan temen gue baru-baru ini, dan bisa jadi pengingat dikala kumat pelitnya, bunyinya “mudahkanlah urusan  saudaramu agar dimudahkan urusanmu”.

Iya. Gitu.

0 komentar:

Posting Komentar