Jangan ngomongin keburukan orang

We have to admit kalau ngga semua kejadian di masa kecil bisa kita ingat dengan baik, beberapa diingat dengan baik, beberapa ingat tapi samar-samar, beberapa lagi lupa.

Beberapa kejadian masa kecil yang masih gue ingat diantaranya waktu nyokap bawa gue piknik sama teman kerjanya, bus berhenti di suatu tempat (toko souvenir atau pom bensin), gue sama nyokap masih di bus, gue kira semua orang udah turun, tinggal kita berdua. Saat itu gue bilang ke nyokap tentang anaknya temen nyokap yang seumuran sama gue tapi belum bisa baca, ngga berapa lama, dari belakang bus jalan temen nyokap gue a.k.a orang yang anaknya gue omongin.

Jadi ternyata dia belum turun dari bus, tiduran di belakang makanya ngga kelihatan kepalanya, dia sih cuma jalan aja ke pintu keluar ga bilang apa-apa, gue gatau dia denger apa ngga, tapi kejadian itu cukup menghantui gue.

Kejadian berikutnya ketika kakak gue kedatangan temannya, gue masih sd kelas 1 atau kelas 2 gitu gue lupa, yang jelas jarang banget emang kakak gue bawa teman kerumah. Gue senang, karena menurut gue saat itu temen kakak gue ini baik, mau aja ngeladenin gue, sampe gue denger si temen ini bisik-bisik ke kakak gue "adek lu kok bandel banget sih" yang dijawab kakak gue "ya maklum lah namanya anak-anak"

It broke my heart, kirain teman kakak gue ini seneng-seneng aja gitu, ternyata ngga. Pada saat itu rasanya sedih aja gitu.

Dari dua kejadian itu, emang bisa dilihat kalau ngga ada bagusnya ngomongin keburukan orang. Kenapa?

1. Menyakiti perasaan mereka

Ya itu kan kalo mereka tau. The question is, apakah ketika lu ngomongin keburukan orang lu yakin orang yg lu ajak ngobrol ngga bakal bocor ke orang yg lu omongin? Can you imagine how their feelings when they know about it?

2. Membuat jelek image yang sudah dibangun

Few days ago, gue hampir banget ngomongin kejelekan seseorang, I thought the person wasn't there, tapi gajadi karena gue tiba-tiba mager ngomong. wkwk.

Yaudah gue lanjutin kegiatan dengan ngecek hp, dan ngga berapa lama, ternyata orang yang tadinya pengen gue omongin  tau-tau muncul doooong. Jadi kan emang ruangan ini dibagi dua sama lemari, dibatesin lemari gitu, nah gue lagi duduk di sisi kiri, dan si orang ini ternyata di sisi kanan doooong, gue kira dia keluar. Kebayang gasih kalo tadi gue jadi ngomongin dia? Gileeee, kemageranku menyelamatkanku.

3. Dosa

Yeah, what else? Gue sih yakin semua agama mengajarkan kebaikan dan ngomongin keburukan orang tidak termasuk dalam kategori kebaikan.

So thats it, another reminder for me, for us.

0 komentar:

Posting Komentar