Dear Parents

Kalau ditanya paling kangen masa-masa sekolah yang mana? SD, SMP atau SMA? Gue akan jawab SMP, karena di SMP lah gue bisa mengeluarkan sedikit jiwa bandel gue, tapi bandelnya masih di batas wajar loh yaaa. Faktor lain karena faktor ekonomi juga sih, mayoritas menengah ke bawah. Well, what can you expect from sekolah negeri pinggiran yang letaknya deket sawah dan kalo musim ujan bakal banjir? Tapi faktor ekonomi mereka yang kaya gitu justru yang bikin gue gampang nge”blend” sama mereka, karena kita senasib.

Milih SMA dengan modal nekat, gue akhirnya bisa masuk ke salah satu sekolah favorit di Jakarta. So damn lucky, sampe sekarang gue bahkan suka mikir "kok bisa ya gue masuk situ?". Everything seems so different, dari mulai sekolah yang letaknya udah ngga di pinggiran, ngga bakal banjir kalau hujan, sampe tingkat ekonomi para orangtua yang anaknya sekolah disini, mayoritas mereka dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke atas.

Lalu bagaimana lu nge”blend” sama mereka? Susah ngga?

Yaaaa, susah. Ditambah dengan gue yang udah minderan duluan. Yah, saya mah apa atuh, sepatu sama tas aja belinya yang kw di pasar uler, seragam kegedean (gamau ngeluarin duit lagi buat ngecilin, zaman dulu kan belom ada kjp).

Tapi sejujurnya anak-anak disana baik, 3 tahun gue disana paling cuma 2-3 kali gue denger ada labrak-labrakan, itupun terjadi karena emang anak yang dilabrak rese, dan ngga sampe kontak fisik labraknya, cuma verbal aja. Itupun dilabrak bukan karena masalah ekonomi. Mereka ngga pernah sih mengintimidasi seseorang karena masalah ekonominya. Tapi ternyata hal itu ngga berlaku sama orangtua mereka, ya ngga semua orangtua sih, malah sebagian kecil aja. Let me tell you a little story....

Di SMA gue punya sekelompok teman sepermainan, sebetulnya lucu sih ikatan antara gue dan teman gue di kelompok ini, ibaratnya seperti love-hate relationship, jadi kita ngga deket- deket amat, tapi kita juga ngga bisa dibilang ngga deket.

Nah, waktu itu kita ngumpul siang- siang buat ngerayain ulang tahun salah satu temen kelompok itu, awalnya janjian di depan rumah dia, udah sampe, dia keluar, daaaaan

Dia keliatan panik, terus nyuruh kita buat ngerayain di rumah sepupunya aja, ngga jauh sih, naik motor cuma 5 menit lah. But did you know the reason? Kenapa dia sampe sepanik itu dan nyuruh ngerayain di rumah sepupunya padahal kita udah sampe depan rumah dia?

Lagi ada acara kali di rumahnya. 

Noooo. The reason is...... karena nyokapnya gasuka kalo anaknya bergaul sama orang yang ekonominya menengah ke bawah. GILA! HAHAHA. Jadi nyokapnya ngebolehin dia main sama yang ekonominya menengah ke atas aja, kalau udah menengah ke atas mau maen dirumah dia sampe malem kek, boleh aja. Dan gue ngga ngarang, thats really happen. Yeah yeah, I know that sucks.

Sayang sekali sebetulnya kalau mengingat orangtua dia kaya gitu, karena menurut gue anaknya ini baik, ngga pilih-pilih temen walaupun orangtuanya mengarahkan dia untuk temenan sama kalangan tertentu. Sampai sekarang pun gue masih berhubungan baik sama dia.

Kejadian kedua. Kalau kejadian pertama tadi gue masih bisa ketawa, di kejadian kedua ini kalo inget bawaannya kitati.

Gue pernah punya pacar pas SMA, orang ini berasal dari keluarga yang ekonominya lebih dari cukup, kalo ujan aja dia bawa mobil ke sekolah. Suatu hari, gue dan beberapa teman dia dateng kerumah dia buat ngerayain ulangtahunnya. Ketemu nyokap, ditanyain lah satu persatu sama nyokapnya “pada mau masuk univ mana?” temen gue pun nyebutin nama-nama univ yang punya nama lah istilahnya, sampe giliran gue, univ yg gue sebutin bisa dibilang yang paling ngga punya nama lah dibanding yang udah disebut, ya mau gimana, mau ke univ yang macem-macem tapi keuangan ngga menyanggupi. Did you know what his mother say?

“yah, masuk situ doang?” sambil ngeliatin gue dari bawah sampe atas dengan muka sinis nya (iya, gue di scanning dengan muka sinis). Dan ngga cuma sampe situ aja, waktu kita mau jalan ke suatu tempat makan pun dia mengisyaratkan gue supaya jangan duduk di depan biar ngga pasangan sama anaknya yang lagi nyetir, nyindir alus sih “ehm, itu yang duduk di depan siapa? Si Tio aja ya”. Jadilah yang duduk di depan itu temen cowo dia, padahal biasanya kalo dia nyetir, ya gue di sebelah dia. 

Ngga penting sih masalah posisi tempat duduk, cuma cara nyindirnya itu loh. Segitunya banget dia ngga mau anaknya sama gue sampe duduk pun diatur, gue gaboleh disamping anaknya. Yaampun.... Inget umur buk!

Di perjalanan pulang gue nangis.

Bersyukurnya gue putus, bisa stress gue punya mertua kaya gitu :(

Kalo inget kejadian di atas gue cuma bisa bergumam "dear parents, why? Kenapa kalian ngga menjadi contoh yang baik buat anak kalian?"            

0 komentar:

Posting Komentar